Pelaku Pasar Respon Positif Kebijakan Ekonomi Presiden Jokowi

Pelaku Pasar Respon Positif Kebijakan Ekonomi Presiden Jokowi

180
SHARE

Pelaku pasar modal merespon positif rencana pemerintahan Joko Widodo menerbitkan paket kebijakan penyelamatan ekonomi nasional. Hal itu tercermin dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menguat 0,72 persen atau 31,81 poin ke level 4.433,11 poin pada perdagangan hari ini, Kamis (3/9).

Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia, Satrio Utomo mengatakan, kendati bursa regional dan global masih fluktuatif, IHSG masih mampu bergerak positif karena muncul optimisme pelaku pasar terhadap paket kebijakan ekonomi Jokowi.

Kendati IHSG menguat, dalam perdagangan hari ini pemodal asing masih melakukan aksi jual bersih senilai Rp 300 miliar. Secara keseluruhan, total transaksi pada perdagangan hari ini sebesar Rp 3,6 triliun dengan volume perdagangan sebanyak 5,62 miliar saham.

Seluruh sektor saham tercatat menguat, yang dipimpin oleh sektor properti dengan peningkatan 2,43 persen dan aneka industri yang menanjak 1,78 persen.

Laju positif IHSG mengekor mayoritas indeks bursa saham di Asia yang juga menguat. Meningkatnya bursa saham regional dinilai karena investor investor merespon positif  saham-saham utama Wall Street yang masuk ke zona hijau pada penutupan perdagangan semalam.

Indeks Nikkei 225 naik 0,48 persen (86,99 poin) ke posisi 18.182,39 poin dan indeks Straits Times Singapura menguat 0,99 persen (28,54 poin) ke posisi 2.906,67 poin. Sementara itu, indeks Hang Seng dan Shanghai libur nasional.

Sementara itu bursa Eropa sempat menguat di awal sesi setelah belakangan ini terguncang. Pelaku pasar modal Eropa dianggap bereaksi positif menjelang pengumuman kebijakan moneter oleh Bank Sentral Eropa (ECB).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY