Ratusan Atlet Indonesia Ikuti Kejurnas Wushu

Ratusan Atlet Indonesia Ikuti Kejurnas Wushu

175
SHARE

Sebanyak 600 atlet wushu dari 20 provinsi di Indonesia mengikuti Kejurnas Wushu 2011 yang digelar di GOR KONI Jalan Jakarta Kota Bandung.

“Bagi Jabar Kejurnas ini momentum penting, pasalnya sudah 18 tahun tidak pernah menggelar kejurnas dan kali ini Jabar mendapat kehormatan menjadi tuan rumah,” kata Ketua Umum Pengda Wushu Jawa Barat Edwin Senjaya di Bandung.

Pembukaan kejurnas olahraga asal China itu dihadiri oleh sesepuh wushu Indonesia IGK Manila serta Ketua Umum PB Wushu Supandi Kusumah. Hadir pula Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar H Daud Ahmad.

Peserta menurunkan atlet-atlet terbaiknya yang akan turun di PON XVIII/2012 antara lain dari Jateng, Bali, Jakarta, Jatim dan Sumatera Utara.

Jabar menjadi daerah paling banyak menurunkan atletnya di ajang kejurnas seni bela diri yang merip Kungfu itu.

“Animo masyarakat terhadap olahraga wushu terus meningkat, sehingga olahraga ini berkembang pesat di masyarakat. Selain itu menjadi cabang olahraga yang menyediakan medali emas cukup signifikan,” kata Edwin Wijaya.

Sementara itu bagi Jabar, kejurnas kali ini sebagai ajang uji coba sekaligus memotret peta kekuatan wushu di Indonesia. Selain itu juga sebagai ajang evaluasi bagi para atlet dan pelatih di Jabar.

Olahraga wushu sudah menjadi olahraga wajib yang dipertandingkan di ajang Asian Games, SEA Games dan PON. Bahkan pada Asian Games 2006, Indonesia meraih medali emas dari cabang olahraga itu.

“Dengan medali emas cukup banyak, jelas wushu merupakan salah satu cabang yang diharapkan bia menyumbang emas yang signifikan di ajang PON,” kata Edwin Widjaja menambahkan.