Trend Outfit of the Day di Media Sosial

Trend Outfit of the Day di Media Sosial

332
SHARE

Hashtag #OOTD ataupun #selfie, mungkin sudah sering Anda lihat akhir-akhir ini, khususnya di dunia sosial media, seperti Instagram. Sebuah fenomena baru yang begitu menarik bagi para pecinta fashion. Mulai dari fashion editor, fashion blogger, model, selebriti, dan juga fashionista yang rajin memposting gaya kesehariannya dengan label ‘OOTD’.

Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan singkatan OOTD ini? OOTD adalah singkatan dari Outfit of The Day, sebagai padanan kata untuk menunjukan apa yang Anda pakai di hari itu. Konsep OOTD sangat sederhana, dan tidak terlalu dibuat-buat. Dalam artian, itu adalah outfit pribadi yang benar-benar mereka pakai untuk beraktivitas dalam satu hari. Hashtag ini sudah mulai populer sekitar 2 tahun terakhir.

Sedikit berbeda dengan foto street style yang banyak ditemui di situs-situs blogger fashion. Kebanyakan para fashion blogger memakai aksesori atau busana yang memang dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, dan tidak benar-benar digunakan keluar rumah. Tak jarang pula banyak yang tampil berlebihan dan memaksa.

Situs fashion seperti Vogue UK juga memposting foto OOTD dari mulai model, editor fashion, hingga fashionista dengan judul ‘Today I’m Wearing’. Beberapa fashionista yang pernah sharing selera fashionnya tiap hari selama satu bulan itu, adalah model Arizona Muse dan Lara Mullen, fashion desainer Inggris, Henry Holland, dan Mira Duma, editor Harper’s Bazaar Rusia.

Foto yang diposting biasanya menampilkan foto seluruh tubuh. Foto disertai dengan caption nama brand apa yang mereka pakai saat itu, sebagai cara promosi baru. Dan kini, OOTD bukan sekadar dijadikan hobi, melainkan untuk berbisnis pula.

Banyak label fashion yang mencari fashionista dengan followers yang mencapai ribuan di sosial media, untuk di endorse. Sistemnya mudah saja, si fashionista cukup memposting gambar dirinya memakai busana dari label yang mengendorse dirinya, disertai caption nama brand. Misalnya saja: #OOTD #selfie top: brand xx skirt: brand xx. Dengan begitu, followers yang menyukai gaya si fashionista bisa langsung menuju link dari brand yang disebutkan.

Keuntungan dari sistem barter ini pun dirasakan oleh kedua belah pihak yang bekerjasama. Si fashionista mendapatkan suplai baju untuk OOTD berikutnya tanpa harus keluar biaya. Sementara pihak brand bisa promosi gratis dan dapat banyak calon pembeli dari followers yang ingin bergaya seperti si ikon fashion. Bagaimana dengan Anda? Sudahkan memposting penampilan stylish untuk hari ini?