Eksotisme Pulau Moyo nan Mendunia

Eksotisme Pulau Moyo nan Mendunia

163
SHARE

Sumbawa, mutiara timur indonesia. Daerah ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, salah satunya pulau kecil di sebelah utara bernama pulau Moyo. Surga tersembunyi di pulau ini akan saya telusuri.

Untuk menuju pulau ini tak mudah, akses transportasi pun terbatas. Saya harus menempuh perjalanan dengan menggunakan kapal dari pelabuhan Muara Kali. Kapal pun tak selalu tersedia setiap hari. Namun bagi wisatawan, ada kapal cepat yang bisa disewa dengan biaya tiga juta rupiah perhari.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk bepergian ke pulau Moyo. Saat itu ombak tenang dan cuaca bersahabat. Dengan cuaca seperti ini, prjalanan bisa memakan waktu tiga jam.

Ditengah perjalanan kami merapat ke Takat Sagele. Ini adalah gundukan karang di lepas pantai dusun Labuan Aji. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan snorkling dan diving. Airnya pun sangat jernih dan terumbu karangnya sangat indah. Setelah menikmati Takat Sagele, kapal pun merapat di desa Labuan Aji, pulau Moyo. Dengan menyewa ojek, saya menuju air terjun Diwu Mba’i. Untuk menuju air terjun ini, saya harus melalui perjalanan berliku. Tak jarang saya turun karena motor harus menyeberangi sungai.

Kedatangan saya di Diwu Mba’i disambut riuhnya keceriaan anak anak desa Brang Rea. Alam yang masih asri, air yang jernih dan udara yang sejuk membuat mereka bebas bermain. Tak ada batasan yang menghalangi keceriaan anak-anak, alam dan manusia menyatu.

Diwu Mba’i berarti lubang buaya. Masyarakat setempat percaya disini banyak buaya berkeliaran, namun sayang seolah malu menunjukan dirinya.

Perjalanan saya lanjutkan ke air terjun Mata Jitu. Jalan rusak mewarnai perjalanan, untungnya bukan musim hujan. Karena jika hujan maka jalanan akan tertutup lumpur dan licin.
Akhirnya sampailah saya di air terjun mata jitu. Dinamakan mata jitu karena mata airnya tidak pernah kering. Pengunjung diperbolehkan bermain air disini, namun dilarang mandi dan menggunakan produk sabun. Ini untuk menjaga kelestarian alam.

Popularitas pulau Moyo tak diragukan lagi. Lady diana, Mick Jagger, Edwin van der Sar sampai Maria Sharapova pernah datang melihat keindahan air terjun ini.
Keindahan pulau Moyo dari pantai dan keindahan bawah lautnya memberikan nuansa romantis dan ketenangan bagi setiap wisatawan.

Reporter: April Hasibuan
Visual : Angga Pratama
Produser : Danu Puguh
Editor : Adrian Zakhary

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY