Ke Belitung? Wisata Diving Pilihannya

Ke Belitung? Wisata Diving Pilihannya

227
SHARE

Berkunjung ke negeri ‘laskar pelangi’ tak hanya mengenai cerita pendidikan di Gantong, Belitung Timur, namun juga tentang surga bawah laut tersembunyi di kabupaten yang baru berusia 12 tahun ini. Ya, pesona keindahan Belitung Timur belum banyak terjamah wisatawan. Salah satunya, mencoba wisata selam di pulau Penanas!

Untuk menuju kesana, saya menuju pelabuhan ASDP Manggar, dari sini saya akan mencoba menikmati keindahan bawah laut Belitung Timur.

Sesampainya di sekitar pulau Penanas, saya pun menyiapkan diri untuk menyelam. Namun sebelumnya, sejumlah tim pertama memulai eksplorasi untuk mengetahui kondisi bawah laut. Setelah itu, waktunya saya menyelam! Ya.. merasakan keindahan surga bawa laut yang penuh dengan karang serta ikan-ikan cantik.

Begitu memasuki permukaan laut, mata saya dimanjakan barisan hard coral yang rapat. Keberadaan hard coral ini menandakan perairan Belitung Timur masih dalam keadaan sehat. Nah, tak perlu menyelam terlalu dalam saya pun disambut berbagai macam jenis dan penyu.

Jarak pandang pun terbilang aman, berkisar 15 sampai 16 meter sehingga cocok untuk penyelam pemula seperti saya. Pemerintah daerah setempat masih berupaya untuk menggenjot potensi wisata selam seperti di pulau penanas ini.

Sarana pendukung rencananya akan segera dibangun. Kelak tak cuma nostalgia laskar pelangi yang menggoda wisatawan datang ke negeri cantik ini, tetapi juga ada surga bawah laut yang menanti untuk dijelajahi.

Reporter : Indria Lita
Visual : Luthfi Evan
Produser : Marlia Yossie
Editor : Adrian Zakhary