Rafting di Sungai Cikapundung? Jangan Lupa Bersihkan Sampah

Rafting di Sungai Cikapundung? Jangan Lupa Bersihkan Sampah

19
SHARE

Kotor, penuh sampah dan kumuh lekat pada anak Sungai Citarum ini. Sungai Cikapundung membelah kota Bandung sepanjang 15,5 kilometer. Sungai ini pun menjadi ikon bagi warga Bandung.

Tak hanya pemerintah kota, semangat untuk mengembalikan citra buruk sungai Cikapundung juga datang dari warganya. Salah satunya komunitas wisata sungai Cikapundung. Wisata rafting digagas komunitas Cikapundung sejak 2010.

Sepanjang 1,6 kilometer, kita diajak melihat langsung kondisi sungai Cikapundung. Sambil merasakan derasnya arus sungai, kita bisa mengenal kondisi sungai dan bantarannya. Mulai dari tanaman hingga melihat permukiman warga sekitar. Bagi penggagas komunitas, a�?wisata sambil bersih-bersih sungaia�? menjadi slogan utama dalam mengajak warga untuk peduli dengan lingkungan.

Selain rajin membersihkan sampah pada sabtu dan minggu, komunitas ini juga mengajak para wisatawan untuk membersihkan sampah saat rafting di sungai Cikapundung.

Tertarik menjadi bagian dari aksi ini? Mulai Maret 2016, komunitas ini membuka resmi wisata rafting Cikapundung bagi umum. Sekali rafting dibanderol Rp 50 ribu per orang. Nah, dibalik paket wisatanya, ada semangat untuk kampanye menjaga lingkungan. Cara ini dilakukan komunitas untuk sosialisasi warga bantaran kali untuk menjaga sungai agar tetap bersih.

Reporter: Yasmina Anindya
Visual: Shandy Prasetya
Produser: Peter Ngantung
Editor : Adrian Zakhary

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY