Satu Hari Wisata Sejarah di Kota Para Wali

Satu Hari Wisata Sejarah di Kota Para Wali

186
SHARE

Kota Cirebon, kota para wali yang sarat nilai sejarah. Salah satu buktinya, Keraton Kasepuhan yang hanya berjarak lima belas menit dari pusat kota. Keraton Kasepuhan Cirebon termasuk keraton tertua yang masih aktif hingga sekarang. Pemimpinannya, Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat, masih memimpin berbagai acara tradisi di keraton.

Keraton Kasepuhan Cirebon menjelma saksi sejarah yang kaya makna. Ada bagian yang hanya bisa dimasuki tamu tertentu, yaitu Dalem Agung. Struktur Dalem Agung masih dijaga keasliannya sejak 300 tahun lalu dan hanya diganti cat agar tetap terlihat cantik. Kemudian Bangsal Pangembahan, yang di dalamnya terdapat singgasana Sultan. Tahta raja dilengkapi kain warna warni yang menandakan pluralisme hadir di Cirebon sejak abad 14. Tak jauh dari bangsal ini, ada Bangsal Prabayaksa. Di dalamnya terpampang relief dandang wulu manukeduwong kumbangkanibara. Relief ini mengandung makna bahwa seorang pemimpin harus banyak turun dan melihat langsung ke masyarakat.

Setelah puas menelusuri bagian dalam keraton, kita dapat mengunjungi museum kereta kencana. Di dalamnya terdapat Kereta yang hanya bisa dinaiki Sultan Sepuh. Istri sultan juga tidak dapat naik kereta ini dan mesti menggunakan tandu yang diusung delapan orang. Sementara kereta Sultan ditarik menggunakan hewan khusus, yang dikenal sebagai kerbau bule. Kereta antik ini sudah tidak digunakan lagi dan disimpan dalam museum. Selain museum kereta kencana, ada pula museum benda pusaka. Semuanya bisa kita kunjungi setiap hari, dari pagi sampai pukul empat sore.

Eiits jangan puas dulu. Tak jauh dari keraton, ada objek Goa Sunyaragi yang hanya berjarak sepuluh menit. Dulunya, tempat ini adalah taman sari atau lokasi pemandian para putri keraton. Taman dibangun pada abad 18 dan terbuat dari batu karang pantai selatan. Susunan batu yang khas membuat bangunan ini kokoh dan menarik. Pastinya sayang kalau dilewatkan untuk foto- foto.

Ada beberapa tips agar kita bisa puas menikmati wisata sehari di Cirebon. Pertama jangan lupa siapkan stamina, makanan, dan minuman. Apalagi kita harus berpindah ke beberapa tempat yang jaraknya cukup menguras tenaga. Kedua, ntuk wisata di tempat peninggalan budaya, kita perlu menjaga sikap. Tujuannya agar warisan nenek moyang ini tidak rusak dan tetap sesuai aslinya. Ketiga, supaya wisata kita menambah pengetahuan, sebaiknya gunakan jasa pemandu. Kita bisa menjelajah ke masa lampau, lewat beragam informasi sejarah dan budaya yang disampaikan.

REPORTER: NI MADE LANDRA
VJ: OSWALD NAINGGOLAN
PRODUSER : MARLIA YOSSIE
EDITOR: PUTU DYAH

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY